Senin, 23 Oktober 2017

Gubernur Kepri Apresiasi Karimun Banyak Raih Prestasi

id Gubernur,Kepri,Apresiasi,Karimun,Banyak,Raih,Prestasi
Pejabat di provinsi jangan kalah dengan Karimun, dalam semua aspek pembangunan. Prestasi yang banyak diraih Karimun, hendaknya memotivasi kita semua untuk meraih prestasi dalam melaksanakan pembangunan
Karimun (Antara Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun dalam acara syukuran HUT Kabupaten Karimun yang ke-18, Kamis, mengapresiasi pemerintah daerah setempat banyak meraih prestasi.

"Pejabat di provinsi jangan kalah dengan Karimun, dalam semua aspek pembangunan. Prestasi yang banyak diraih Karimun, hendaknya memotivasi kita semua untuk meraih prestasi dalam melaksanakan pembangunan," kata Nurdin dalam acara syukuran yang digelar di halaman rumah dinas Bupati Karimun.

Nurdin mengatakan, setiap kabupaten/kota memiliki keunggulan, dan potensi yang berbeda. Keunggulan dan potensi itu harus terus digali dan diimplementasikan dalam program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia optimistis, prestasi pembangunan yang diraih Karimun, maupun kabupaten/kota lain mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri, yang akhir-akhir ini mengalami perlambatan.

"Setiap kepala daerah harus bekerja keras agar pertumbuhan ekonomi Kepri makin baik," kata dia.    

Bupati Karimun Aunur Rafiq, dalam kesempatan itu memaparkan sejumlah capaian pembangunan, sejak Karimun dimekarkan menjadi kabupaten pada 18 tahun silam.

Aunur Rafiq menyebutkan visi dan misi pembangunan yang dijalankan bersama Wakil Bupati Anwar Hasyim, selama dua tahun terakhir, hingga masa jabatan berakhir, adalah melanjutkan program bupati terdahulu, baik semasa almarhum Muhammad Sani, maupun semasa Nurdin Basirun yang tiga periode menjabat Bupati Karimun.

"Visi dan misi kami, mewujudkan Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis maritim berlandaskan iman dan taqwa. Sejumlah program pembangunan yang telah dilaksanakan bupati terdahulu, kami lanjutkan," katanya.

Mengenai capaian pembangunan, kata dia, terjadi hampir di setiap sektor, seperti sektor ekonomi dan pengembangan investasi terutama di Kawasan Perdagangan Bebas, yang memberikan kontribusi cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Karimun, dan sempat melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan status Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), Karimun menjadi kawasan yang memiliki daya saing dengan jumlah investasi Rp.21,5 triliun, dan jumlah perusahaan yang berinvestasi sebanyak 164, serta terserapnya tenaga kerja sebanyak 8.181 tenaga kerja," tutur bupati.

Di bidang pembangunan infrastruktur dasar, kata dia, juga telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pendistribusian air bersih untuk masyarakat di Pulau Karimun Besar yang sering mengalami krisis air bersih pada musim kemarau, dari 60 liter per detik menjadi 120 liter per detik.

Prestasi lain adalah bidang kebersihan dan lingkungan hidup dengan diraihnya Piala Adipura selama dua tahun berturut-turut, peningkatan pelayanan listrik melalui PLN yang kini memiliki kapasitas daya 38 MW (sebelumnya 28 MW), setelah PLN Karimun mendapat tambahan 17 unit mesin pembangkit diesel pada pekan lalu.

"Kami berharap penambahan kapasitas daya diutamakan untuk pelanggan rumah tangga," kata dia.

Di bidang pengelolaan keuangan daerah, Karimun juga tiga kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selanjutnya, bidang keagamaan, Karimun dua kali berturut-turut meraih juara umum MTQ dan tiga kali berturut-turut meraih juara umum STQ.

Hadir dalam acara syukuran HUT Kabupaten Karimun ke-18, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, sejumlah pejabat provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Kepri. (Antara)

Editor: Biqwanto Situmorang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga