Pulau Benan Dideklarasikan sebagai Desa Layak Anak

id Pulau,Benan,deklarasi,lingga,Desa,Layak,Anak

Salah satu pusat pemukiman di Desa Wisata Pulau Benan Kecamatan Senayang. (antarakepri.com/Nurjali)

Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau akan mendeklarasikan Desa Wisata Pulau Benan, Kecamatan Senayang sebagai Desa Layak Anak pada puncak peringatan Hari Anak Nasional, 28-29 September 2017.

"Hari Anak Nasional jatuhnya di bulan Juli, tapi kita baru dapat menggelar pada bulan ini, dan kita memilih Desa Wisata Pulau Benan yang memenuhi kriteria sebagai desa layak anak," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos - PPPA) Kabupaten Lingga Normadiah kepada Antara, Rabu.

Deklarasi Pulau Benan sebagai desa layak anak akan disejalankan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017 tingkat Kabupaten Lingga. Desa Wisata Pulau Benan dipilih sebagai desa layak anak karena beberapa indikator.

Selain keindahan wisatanya dengan hamparan pantai yang bersih, Pulau Benan juga memenuhi persyaratan sesuai yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak No.12 tahun 2011 dan Peraturan Bupati Lingga tentang Desa Layak Anak.

Dalam kegiatan ini nantinya, Dinas PPPA juga akan menggelar sosialisasi kepada masyarakat Desa Benan, dalam memberikan pembinaan kepada anak-anak khususnya. Salah satunya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan waspada terhadap pengaruh luar yang dengan mudah masuk kedalam lingkungan anak.

" Tidak hanya masyarakat benan, beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan aktivis anak serta lembaga pemerintah terkait juga akan hadir dalam kegiatan ini," ujarnya.

Kepala Desa Benan Mar'at dalam mempersiapkan perhelatan Deklarasi desa layak anak dan Hari Anak Nasional ini menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan bahkan pada hari Rabu ini sudah ada beberapa peserta yang hadir di Desa Wisata Pulau Benan.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, dan kita sudah melakukan berbagai persiapan bersama pemerintah kecamatan dan Dinsos PPPA sendiri," sebutnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar