Senin, 23 Oktober 2017

Kodim 0316 Batam Akan Putar Film G-30S/PKI

id Kodim 0316, Batam, akan, memutar film, tentang G-30S/PKI, untuk, memberikan, pendidikan, sejarah bangsa, kalangan masyarakat, khususnya, kalangan anak
Kodim 0316 Batam Akan Putar Film G-30S/PKI
Komandan Kodim 0316 Batam, Letkol Dwi Sasongko (istimewa)
Nonton barengnya akan serentak dilakukan pada 30 September pukul 19.30 di Indonesia. Di Batam nanti akan kami lakukan secara kebersamaan dan kekeluargaan di tempat yang representatif, tentunya akan berkoordinasi dengan perangkat RT/RW guna penyambung
Batam (Antara Kepri) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316 Batam akan memutar film tentang G-30S/PKI untuk memberikan pendidikan sejarah bangsa di kalangan masyarakat, khususnya kalangan anak muda.

"Giat nonton bareng film G-30S/PKI atas perintah Panglima TNI ini sedang kami bahas. Setidaknya, paling sedikit 10 titik di Batam termasuk di jajaran Babinsa, Koramil, Makodim dan perumahan prajurit akan digelar pada 30 September mendatang," kata Komandan Kodim 0315 Batam, Letkol Dwi Sasongko.

Kodim Batam dalam hal ini mengajak seluruh keluarga TNI, masyarakat dan para komponen bangsa untuk menonton film yang memberikan pelajaran sejarah tentang pemberontakan kepada ideologi pancasila oleh PKI.

"Nonton barengnya akan serentak dilakukan pada 30 September pukul 19.30 di Indonesia. Di Batam nanti akan kami lakukan secara kebersamaan dan kekeluargaan di tempat yang representative, tentunya akan berkoordinasi dengan perangkat RT/RW guna penyambung informasi ke masyarakat," kata dia.

Film Pengkhianatan G30S/PKI dibuat tahun 1984. Pada September 1998, Menteri Penerangan Yunus Yosfiah mengumumkan film ini dihentikan peredaran dan pemutarannya karena berbau rekayasa sejarah dan mengkultuskan seorang presiden.

Dirinya berharap, pemutaran film tersebut dapat diikuti kalangan masyarakat yang ada di Batam agar dapat mengambil pelajaran bagi anak bangsa agar hal serupa tidak sampai terulang kembali.

"TNI dalam hal ini berupaya meluruskan sejarah dan melakukan sosialisasi kepada generasi muda, termasuk juga prajurit agar dapat menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI," tegasnya.(Antara)

Editor: Niko

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga