BBPLK Bekasi Rekrut Pemuda Lingga Tingkatkan Ketrampilan

id Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, BBPLK, Bekasi, Bandung, merekrut, sejumlah, pemuda, Lingga, untuk, latih, Balai Latihan Kerja (BLK)

perwakilan Balai Latihan Kerja (BLK) Bekasi, Helmiati Basri. (Nurjali)

Lingga (Antara Kepri) - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi dan Bandung akan merekrut sejumlah pemuda Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau untuk latih di Balai Latihan Kerja (BLK).
    
Sebelum merekrut, pihak BBPLK itu menyosialisasikannya kepada warga, yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, di salah satu hotel di Dabo Singkep, Kamis.
    
"Kami diundang oleh Bupati Lingga Alias Wello untuk menyosialisasikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) kepada masyarakat, dan untuk merekrut putra daerah di BLK," Kata perwakilan Balai Latihan Kerja (BLK) Bekasi, Helmiati Basri.
    
Saat ini, menurut dia terdapat 17 BLK milik pemerintah pusat atau disebut BLK Unit Pelaksanaan Teknis Pusat (UPTP), namun hanya lima BBPLK yang memiliki dua bidang kejuruan yalni BBPLK Bandung, Bekasi, Semarang, Banten dan Medan.
    
"Masing-masing memiliki dua bidang tenaga kerja," ujarnya. 
    
Untuk di Bandung terdapat bidang otomotif dan manufaktur, Bekasi bidang elektro dan informasi teknologi, Semarang ada garmen dan manajemen, Medan bangunan dan pariwisata, kemudian Serang Banten ada kejuruan tata busana dan metodologi.
    
"Nantinya akan ada seleksi dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lingga, untuk mengirimkan putra daerah dari Lingga ke Balai Latihan kerja ini.  Kalau di tempat kami di Bekasi, kami siap membuka satu kelas 16 orang, kalau di Bandung mungkin hanya 10 orang dulu," ucapnya.
    
Helmiati menjelaskan pemuda daerah yang akan dilatih di Balai Latihan Kerja berbasis kompetensi ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Lingga.
    
"Bahkan akan membuat lapangan pekerjaan baru bagi Putra Daerah Kabupaten Lingga. Jadi hari ini selain sosialisasi, kami juga langsung akan merekrut putra daerah ini, untuk belajar di BLK," katanya.
    
Sementara itu Kepala Seksi Pelatihan tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Yudi Saputra mengatakan pihaknya pada tahun ini juga akan menggelar kegiatan pelatihan tenaga kerja di bidang Otomotif di SMK Negeri Singkep.
    
"Kami hanya memfasilitasi, dan bulan depan kami juga akan menggelar kegiatan latihan kerja di SMK Negeri Singkep, pelatihan Otomotif," katanya.(Antara)

Editor: Niko

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar