Senin, 21 Agustus 2017

Warga Jember Antusias Sambut "Sang Sapurba" Kepri

id Warga,Jember,Antusias,Sambut,Sang,Sapurba,melayu,Kepri,karnaval
Warga Jember Antusias Sambut
Sang Sapurba maharaja kerajaan melayu menyapa warga pada kegiatan Karnaval WACI di Jember. (antarakepri.com/Danna Tampi)
Jember (Antara Kepri) - Warga di Jember, Jawa Timur yang menonton karnaval "Wonderful Archipelago Carnival Indonesia" (WACI) 2017 antusias menyambut penampilan peserta delegasi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan busana Sang Sapurba, maharaja kerajaan Melayu.

"Alhamdulillah, sepanjang 3 kilometer kisah Sang Sapurba, maharaja kerajaan Melayu yang kita tampilkan dalam bentuk kostum karnaval disambut antusias warga yang menonton," kata pemeran Sang Sapurba, Dimas Argadinata di sela kegiatan tersebut, Sabtu.

Antusias warga terlihat di sepanjang Jalan Gajah Mada yang menghubungkan antara alun-alun Kota Jember dengan Lippo Plaza, menuai beragam kesan.

Tarno, warga Jember yang menyaksikan langsung Karnaval WACI itu merasa kagum dengan berbagai macam kreasi busana karnaval yang ditampilkan, salah satunya dari Kepulauan Riau.

"Modelnya semua asli dari Kepri ya? Kreatif sekali kostum karnavalnya," kata dia sembari bertanya kepada Antara, Sabtu.

Tarno tak menyangka Akari Kepulauan Riau jauh-jauh ke Jember hanya untuk menampilkan kesenian kostum karnaval yang mengangkat budaya Melayu.

"Tentunya untuk kesini butuh perjuangan. Saya dengar ada yang menempuh jalur laut dulu. Semoga warga Kepulauan Riau bangga dengan hadirnya orang-orang kreatif yang tak mengenal jarak untuk berkarya," kata dia.

Sang Sapurba adalah maharaja kerajaan Melayu. Dia juga digelar Sri Tri Buana atau raja yang berkuasa di tiga benua yang menjadi imperium Melayu.

Kisah Sang Sapurba, menurut Sekretaris Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Provinsi Kepri Evy Ratnawati Syamsir, berasal dari Dinasti Syailendra bermula dari perjalanannya mencari ibu kota baru setelah kerajaannya diserang Raja Chola dari India.

Setelah meningalkan pusat pemerintahan lama di Pulau Sumatera, Sang Sapurba dinobatkan menjadi raja di Pulau Bintan," kata Evy Ratnawati Syamsir.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember Muqit Arief saat pembukaan karnaval WACI yang merupakan rangkaian dari kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC) mengatakan sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

Hadirnya even karnaval ini diakuinya sebagai pemangku wilayah belum bisa memberikan hal yang terbaik.

"Mewakili Pemerintahan Kabupaten Jember saya minta maaf akan kurangnya tempat penginapan serta penerbangan yang membuat para peserta karnaval harus menginap hingga di Banyuwangi. Kedepan akan kita perbaiki lagi segala yang menjadi kekurangan," kata dia saat sambutan di alun-alun Jember.

Direncanakan, Grand Jember Fashion Carnaval (JFC) pada Minggu 13/8 akan ditonton langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Provinsi Kepulauan Riau untuk keempat kalinya mengikuti kegiatan yang digelar Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) bersama Kementerian Pariwisata itu.

Dalam kegiatan kali ini, delegasi Provinsi Kepri menampilkan sebanyak 40 kostum dari 3 kabupaten/kota yang dikemas menarik sesuai dengan kebudayaan dan kesenian masyarakat Melayu. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga