Senin, 21 Agustus 2017

Karimun Perkuat Tiga Pilar Pertahanan dan Keamanan

id Karimun,Perkuat,Tiga,tni,polri,Pilar,Pertahanan,Keamanan
Kami baru pertama kali melaksanakan kegiatan sinergitas tiga pilar ini yaitu TNI, Polri maupun pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat
Karimun (Antara Kepri) - Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memperkuat tiga pilar pertahanan dan keamanan yakni kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah yang bersinergi dalam menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat daerah kemaritiman itu.

"Kami baru pertama kali melaksanakan kegiatan sinergitas tiga pilar ini yaitu TNI, Polri maupun pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat," kata Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Penguatan sinergitas tiga pilar itu disepakati dalam rapat koordinasi yang digelar di Mapolres Karimun pada Jumat (11/8) yang dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto, Dandim 0317/Karimun Letkol I Gusti Ketut Artasuyasa.

Agus Fajaruddin mengatakan dengan sinergitas tiga pilar itu, berbagai permasalahan di semua tingkatan, mulai dari dusun, desa atau kelurahan dan kecamatan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Menurut dia, rapat koordinasi seperti ini juga akan dilaksanakan di tingkat pemerintahan desa, kelurahan hingga kecamatan, dengan harapan konsolidasi yang dilakukan di tingkat kabupaten menjadi contoh sekaligus sebagai penentu kebijakan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan menyangkut pertahanan dan keamanan dalam pengertian secara luas.

"Kemudian bagaimana sinerginya antara camat dengan Kapolsek, Danramil, Danposal, di situlah yang harusnya berkoordinasi," katanya.

Oleh sebab itu, Koordinasi yang dilakukan untuk mengawali koordinasi-koordinasi selanjutnya yang digelar di wilayah pemerintahan masing-masing. Sehingga dengan begini Pemangku kebijakan akan lebih mudah menyelesaikan permasalahan dalam tiap kesempatan.

"Konsolidasi ini direncanakan akan dilakukan pada tiap-tiap semester baik dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru dan perayaan-perayaan besar lainnya," katanya.

Ia berharap dengan begini masyarakat dapat merasa lebih terlayani baik dalam keamanan ketertiban masyarakat setempat.

"Mudah-mudahan masyarakat dapat terlayani apa yang perlu disampaikan kepada camat, kepada kapolsek, dapat diselesaikan pada level bawah," katanya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi upaya konsolidasi yang digelar Polres dengan melibatkan TNI dan pemerintah setempat. Menurutnya hal tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang nantinya akan muncul di tengah-tengah masyarakat.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Kapolres ini adalah hal yang baik untuk hal yang pertama kita lakukan di sini, apalagi melibatkan jajaran hingga sampai ke bawah, Danramil, Kapolsek, Camat dan lainnya, mungkin ke depan kita akan sampaikan ke tingkat desa, kelurahan kita akan lakukan rapat seperti ini," katanya.

Rafiq berharap melalui koordinasi yang dilakukan dilintas institusi tersebut, kemanan, ketertiban dan kenyamanan di Kabupaten Karimun dapat menjadi lebih baik. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga