Senin, 21 Agustus 2017

Jumlah Pencari Kerja di Tanjungpinang Meningkat

id Jumlah,Pencari,Kerja,Tanjungpinang,Meningkat
Jumlah Pencari Kerja di Tanjungpinang Meningkat
Warga tengah mengantri membuat kartu pencari kerja Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang. (antarakepri.com/Aji Anugraha)
Pemohon rata-rata untuk melamar kerja di swasta, tes penerimaan pegawai pemerintah dan hanya untuk didata
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Jumlah pencari kerja (Pencaker) di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau meningkat, kata Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Omrani.

"Dari Januari-Agustus 2017, ada 1800 orang yang membuat Kartu Kuning. Sedangkan untuk 2016 berjumlah 923, rata-rata tamatan SMA," tambahnya, Rabu (9/8).

Omrani mengatakan, peningkatan pencari kerja di kota itu berdasarkan peningkatan permohonan pembuatan pencetakan kartu tanda pencari kerja atau disebut Kartu Kuning.

Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang mencatat sebanyak 1800 pemohon Kartu Kuning terdiri dari 947 laki-laki dan 853 perempuan orang.

"Pemohon rata-rata untuk melamar kerja di swasta, tes penerimaan pegawai pemerintah dan hanya untuk didata," ujarnya.

Omrani menjelaskan, mereka (pembuat Kartu Kuning) rata-rata telah memiliki kerja dan ada juga yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

Selain itu, sambung Omrani, ada juga yang membuat Kartu Kuning untuk kebutuhan melamar kerja di perusahaan wilayah Tanjungpinang dan Batam. 

Omrani mengatakan, membuat Kartu Kuning bukan berarti dari kalangan pengangguran, namun untuk mencari kerja yang lebih mapan. 

"Kartu Kuning sangat penting. Pencari kerja sebaiknya membuat. Karena merupakan salah satu persyaratan untuk mencari kerja," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pendataan pembuatan kartu kuning di Dinasker selanjutnya untuk ditempatkan di beberapa perusahaan maupun pemerintah setempat. (Antara)

Editor: Rusdianto 

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga