Senin, 26 Juni 2017

Jurnalis Karimun Bagikan Takjil kepada Pengendara

id Jurnalis,Karimun,Bagi,Takjil,Pengendara,buka,puasa
Kadang-kadang, pengendara terburu-buru pulang untuk mengejar waktu berbuka. Ini sangat rawan terjadi kecelakaan
Karimun (Antara Kepri) - Sejumlah wartawan media cetak, elektronik, dan online yang tergabung dalam organisasi Jurnalis Karimun, Provinsi Kepulauan Riau bagi-bagi takjil untuk berbuka puasa kepada para pengendara di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Kegiatan bagi-bagi takjil digelar di persimpangan lampu merah Sei. Lakam, Tanjung Balai Karimun. Setiap pengendara yang melintas atau berhenti mendapatkan takjil secara cuma-cuma dari para pewarta.

"Kegiatan bagi-bagi takjil ini merupakan kegiatan sosial rekan-rekan di JK. Kami mengumpulkan dana sumbangan dari seluruh anggota. Uangnya kami belikan takjil untuk dibagikan kepada warga," kata Ketua Jurnalis Karimun (JK) Ilfitra alias Ilham di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurut Ilham, kegiatan tersebut merupakan salah satu program organisasi bidang keagamaan, sebagai salah satu cara untuk memupuk kebersamaan dan solidaritas antarsesama, khususnya bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Dia mengatakan, takjil yang diberikan setidaknya dapat membantu warga yang sedang dalam perjalanan, sehingga mereka tidak kesulitan untuk berbuka puasa.    

Para pengendara yang sedang berpuasa, dan berhenti menunggu lampu merah berubah hijau, dapat berbuka puasa sehingga tidak harus buru-buru pulang ke rumah atau ke tempat tujuan.

"Kadang-kadang, pengendara terburu-buru pulang untuk mengejar waktu berbuka. Ini sangat rawan terjadi kecelakaan. Nah dengan takjil yang diberikan, mereka dapat berbuka meski hanya dengan segelas air dalam kemasan dan beberapa potong kue dan kurma," ujar Ilham yang juga pewarta koran lokal Haluan Kepri.

Selain membantu sesama, bagi-bagi takjil tersebut, menurut dia, juga bagian dari ibadah karena memberi orang makanan berbuka bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Menurut panitia pelaksana Ferdi Hasan, kegiatan bagi-bagi takjil tersebut juga didukung Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun yang turut membantu menyediakan takjil untuk dibagikan kepada para pengendara.

"Acara bagi-bagi takjil ini dirangkai dengan berbuka puasa bersama sesama anggota JK. Selain ingin berbagi dengan sesama, kegiatan ini juga sebagai sarana bagi kami untuk mempererat tali silaturrahmi," kata Ferdi Hasan.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun Slamet Sentosa yang turut hadir dalam acara berbuka puasa tersebut mengapresiasi kegiatan bagi-bagi takjil dan berbuka puasa tersebut.

Slamet juga mengharapkan acara berbuka puasa dengan para pewarta itu, dapat memupuk ukhuwah dan tali silaturahmi, baik sesama pewarta maupun dengan para jaksa dan pegawai di lingkungan Kejari Tanjung Balai Karimun.

"Kegiatan seperti ini tentu sangat baik, apalagi di bulan puasa yang dianjurkan untuk saling berbagi dan mempererat tali silaturahmi," ujar Slamet didampingi Kasi Pidsus Kicky Arityanto dan beberapa jaksa fungsional.

Organisasi Jurnalis Karimun merupakan organisasi lokal, tempat berhimpun sekitar 24 pewarta. Organisasi ini berdiri pada akhir 2016 yang memiliki sejumlah program, baik untuk penguatan profesi jurnalis, program keagamaan, pendidikan dan lainnya. (Antara)

Editor: Nurul Hayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga