Jumat, 20 Oktober 2017

Pemkab Karimun Gelar Bazar Murah Ramadhan

id Pemkab,Karimun,Gelar,Bazar,Murah,Ramadhan
Pemkab Karimun Gelar Bazar Murah Ramadhan
Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli saat pembukaan bazar murah di kawasan Kolong, Tanjung Balai Karimun, Jumat (9/6). (antarakepri.com/Rusdianto)
Harga jual di bazar tentu lebih murah karena tujuannya untuk membantu masyarakat, lebih murah sekitar Rp3.000 sampai Rp5.000 dibandingkan harga di pasar atau toko
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menggelar bazar murah Ramadhan yang menjual aneka kebutuhan pokok untuk meringankan beban masyarakat.

Bazar murah tersebut secara resmi dibuka Bupati Karimun Aunur Rafiq di kawasan Kolong, Tanjung Balai Karimun, Jumat, dan berlangsung hingga 14 Juni 2017.

"Harga jual di bazar tentu lebih murah karena tujuannya untuk membantu masyarakat, lebih murah sekitar Rp3.000 sampai Rp5.000 dibandingkan harga di pasar atau toko," kata Aunur Rafiq usai membuka bazar tersebut.

Bupati mengatakan, bazar murah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada hari-hari besar keagamaan, termasuk pada bulan Ramadhan, dimana permintaan kebutuhan pokok meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dikatakannya, keberadaan bazar murah tersebut diharapkan dapat menekan harga yang cenderung fluktuatif seiring meningkatnya permintaan dari masyarakat.

"Pemerintah daerah mengapresiasi para distributor dan pihak-pihak yang terlibat dalam bazar murah ini. Ini merupakan sebuah kewajiban dan tanggung jawab kita dalam membantu masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Karimun Muhammad Yosli menjelaskan, bazar murah tersebut dilaksanakan secara serentak di sejumlah lokasi, yaitu di Pulau Karimun Besar, Pulau Kundur dan Pulau Moro.

"Untuk bazar di Pulau Karimun dan Kundur berlangsung sampai 14 Juni, sedangkan di Pulau Moro sampai 11 Juni 2017," kata dia.

Menurut Muhammad Yosli, bazar murah tersebut diikuti sebanyak 30 distributor dan pelaku industri kecil dan menengah (IKM), yang menjual berbagai harga kebutuhan pokok, mulai dari telur, beras, minyak goreng, gula pasir, aneke kue lebaran, pakaian dan berbagai minuman dalam kemasan.

"Karena namanya bazar murah, harga yang dijual tentunya lebih murah dari harga pasar. Setidaknya harganya adalah harga distributor," kata mantan Kabag Humas Pemkab Karimun tersebut.

Ratusan warga menunggu pembukaan bazar murah yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, didampingi anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Sejumlah polisi dan polisi pamong praja dikerahkan untuk mengatur warga yang berebutan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok dalam bazar tersebut.

Seorang warga Maryati mengaku setiap tahun membeli kebutuhan pokok di bazar murah tersebut.

"Bazar ini diadakan setiap tahun, di tempat ini. Harganya memang murah, contohnya telur, kalau di pasar Rp34.000 per papan, di sini hanya Rp31.000 per papan. Gula juga, harganya Rp23.000 untuk kemasan dua kilogram," kata dia. (Antara)

Editor: D Purnamawati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga