Minggu, 20 Agustus 2017

Dishub Lingga Lakukan Persiapan Sambut Mudik

id Dishub,Lingga,Lakukan,Perisapan,Jelang,Arus,Mudik
Dishub Lingga Lakukan Persiapan Sambut Mudik
Selamat, Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Kabupaten Lingga, saat ditemui Antara di ruang kantornya, Daik Lingga, Jum'at (9/6). (Antarakepri/Ardhi)
Dari laporan kami ke Provinsi bahwa lonjakan arua mudik di Lingga mulai H-7. Namun, melihat perkembangan saat ini, kami sudah akan melakukan antisipas sejak H-10
Lingga (Antara Kepri) - Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga segera melakukan persiapan penanganan arus mudik lebaran dari dan ke daerah tersebut, yang diprediksi mulai padat pada H-7.

"Dari laporan kami ke Provinsi bahwa lonjakan arua mudik di Lingga mulai H-7. Namun, melihat perkembangan saat ini, kami sudah akan melakukan antisipas sejak H-10," kata Selamat, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dishub Lingga, di Daik, Jum'at.

Selamat mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan semua operator kapal yang beroperasi melayani rute pelayaran di Lingga dalam waktu dekat, guna memetakan kemapuan armada.

"Selain operator, kami juga sudah berkoordinasi dengan lintas sektoral. Dalam waktu dekat ini juga kami akan duduk bersama untuk membentuk tim penanganan arus mudik," ungkapnya.

Menurut Selamat, Dinas Perhubungan masih akan menggunakan strategi penangan arus mudik seperti yang berhasil diterapkan pada momen arus mudik lebaran tahun 2016 lalu.

"Mulai H-7 itu, dua kapal akan kami siapkan melayani rute pelabuhan Sungai Tenam Lingga, pulang dan pergi setiap hari," ujarnya.

Sementara untuk rute dari dan ke pelabuhan Jagoh Dabosingkep serta Tangjung Buton Daik Lingga, Dishub akan terus melakukan pemantauan.

Jika diperlukan penambahan kapal, maka langkah pertama yang diambil Dishub sama seperti kebijakan di pelabuhan Sungai Tenam.

"Kami berharap kondisinya lancar, minimal seperti tahun lalu. Dishub akan mengupayakan penambahan armada jika diperlukan," ujarnya.

Selain armada kapal fery regular, dia menambahkan, arus mudik lebaran dari dan ke Lingga tahun ini akan terurai melalui jalur pelayaran Roll On Roll Off (Roro).

"Kita terbantu dengan adanya rute Roro tujuan Batam-Lingga dan ke Kuala Tungkal," tuturnya.

Dishub bersama jajaran lintas sektoral yang terbentuk dalam tim penanganan arus mudik lebaran 2017 nantinya, lanjut Selamat, juga akan membangun posko-posko mudik pada beberapa pelabuhan utama maupun transit Kabupaten Lingga, seperti yang pernah dilakukan di tahun 2016 lalu.

"Itu akan kami bangun di pelabuhan-pelabuhan. Prediksi kami, puncak arus mudik tahun ini terjadi dari H-5 sampai H-3," kata dia.

Dia berharap arus mudik di Lingga tahun ini mampu terkawal dengan baik seperti tahun 2016 lalu yang tercatat memiliki jumlah pemudik paling banyak dari sebelum-sebelumnya.

"Tahun lalu mampu teratasi dengan baik. Semua penumpang berhasil diberangkatkan dengan selamat dan sesuai prosedur," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga