Selasa, 27 Juni 2017

Danlanal Batam Ingin Pelajar Memiliki Wawasan Kemaritiman

id Danlanal,Batam,Pelajar,Wawasan,Kemaritiman
Danlanal Batam Ingin Pelajar Memiliki Wawasan Kemaritiman
Sejumlah siswa mengunjungi KRI (Antara Kepri: Larno)
"Dengan memberikan kesempatan bagi siswa sekolah mengunjungi KRI, kami berharap bisa memberikan wawasan tentang kemaritiman atau kebaharian
Batam (Antara Kepri) - Komandan Pangkalan TNI AL Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo ingin pelajar memiliki wawasan maritim, melalui kunjungan ke KRI yang bersandar di Dermaga Utara Pelabuhan Batumapar.

"Dengan memberikan kesempatan bagi siswa sekolah mengunjungi KRI, kami berharap bisa memberikan wawasan tentang  kemaritiman atau kebaharian. Serta melihat lebih dekat kehidupan prajurit TNI AL sebagai pengawak Kapal Perang Republik Indonesia," kata dia di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Dua kapal yang bersandar di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar adalah KRI dr Soeharso-990 dan KRI Sultan Hasanudin-366. Kapal tersebut barusaja menjadi bagian dalam pelaksanaan Latihan Siaga Tempur Laut Koarmabar 2017 di perairan Kepri.

"Selain itu, juga agar para siswa dapat merasakan naik kapal perang. Pada umumnya, hal tersebut merupakan pengalaman baru bagi para siswa," kata Ivong.

Sejumlah siswa yang berkesempatan mengunjung KRI Sultan Hasanuddin-366 berasal dari SMA Harapan Utama Kota Batam dan SMA 14 Kota Batam.

Sedangkan 21 orang siswa dan dua guru pendamping siswa SDN 005 Sekupang, Sungai Harapan, Sekupang, mengunjungi KRI dr Soeharso-990.

"Dalam kunjungan kedua KRI tersebut seluruh siswa dan guru pendamping mendapatkan penjelasan dari personel KRI yang bertugas mendampingi berkeliling di kapal perang. Penjelasan mulai dari melihat berbagai peralatan tempur, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, dan kelengkapan alat-alat SAR serta fasilitas yang lainnya di KRI dr Soeharso dan KRI Sultan Hasanudin," kata Ivong.

Selain pelajar, Jalasenastri Lanal Cabang 5 Korcab IV DJAB ikut melihat-lihat KRI dr. Soeharso-990 dan diterima oleh Komandan KRI Letkol Laut (P) Asep Budiman.

Komandan Lanal Batam menyampaikan, kunjungan-kunjungan itu membuktikan geliat sekolah untuk memperkenalkan wawasan kemaritiman kepada anak didiknya semakin tinggi.

"Hal tersebut perlu terus disosialisasikan dalam setiap kesempatan, karena mayoritas negara kita adalah lautan. Wawasan kemaritiman tentunya sangat diperlukan guna membentuk karakter maritim bagi anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa," kata dia.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari program Bintahwil untuk mengenalkan kepada siswa siswi tentang  kemaritiman. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga