Senin, 21 Agustus 2017

36 Wartawan Lulus UKW PWI Kepri ke-8

id Wartawan,Lulus,UKW,uji,kompetensi,PWI,Kepri
36 Wartawan Lulus UKW PWI Kepri ke-8
Pewarta LKBN Antara Biro Kepri Nikolas Panama memberikan sambutan usai ditetapkan sebagai peserta yang lulus terbaik jenjang wartawan utama, dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan di Tanjungpinang. (antarakepri.com/Aji Anugraha)
Sebenarnya penilaian kompetensi itu ada pada diri masing-masing wartawan, dan wartawan itu yang akan menilai dirinya sendiri, apakah sudah berkompeten
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sebanyak 36 wartawan dari perusahaan pers dan kantor berita, lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-8 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri di Hermes Agro, Kabupaten Bintan, Rabu (23/5).

"Dari 49 peserta yang teregistrasi, 5 peserta berhalangan hadir, dan dari 44 peserta yang mengikuti UKW  terdapat 8 peserta yang belum berkompeten," kata Koordinator Penguji PWI, Widodo Admo Darmanto.

Dari 36 peserta yang dinyatakan berkompeten, berdasarkan keputusan bersama panitia, tim seleksi UKW memilih 3 wartawan terbaik. Untuk wartawan jenjang Utama, diraih oleh Nikolas Panama dari LKBN Antara.

Sementara untuk wartawan jenjang Madya diraih oleh Thomm Limahekin dari media TribunBatam, sedangkan untuk jenjang Muda diraih oleh Fradilla Svendolin Verwey dari media BatamPos.

Ketua PWI Kepulauan Riau Ramon Damora mengatakan penilaian dalam UKW PWI Kepri ke-8 melalui proses penilaian lembaran tugas yang diberikan penguji kepada para peserta. Penilaian kelulusan UKW ada pada setiap peserta.

"Sebenarnya penilaian kompetensi itu ada pada diri masing-masing wartawan, dan wartawan itu yang akan menilai dirinya sendiri, apakah sudah berkompeten. Selanjutnya berkas hasil penilaian dari para penguji akan diverifikasi kembali di PWI pusat, apakah benar mereka berkompeten," katanya.

Ia mengatakan, wartawan yang dinyatakan lulus kompetensi nantinya akan mendapatkan sertifikat UKW dengan catatan berkompetensi sebagai jenjang sertifikasi ditingkat yang diuji.

"Wartawan yang sudah lulus UKW baik di Muda, Madya dan Utama akan mendapatkan sertifikat dan telah tersertifikasi. Dan bagi yang lulus UKW agar dapat mengaplikasikan materi yang didapatkan selama UKW," ujarnya.

Mewakili Ketua PWI pusat, Ketua Bidang Organisasi PWI pusat Tejo Sasongko mengatakan kepada peserta yang belum lulus UKW, di tingkat Muda, Madya dan Utama, untuk terus bersemangat mengikuti UKW pada periode mendatang.

"Kepada peserta yang sudah melewati proses UKW di setiap tingkatan saya ucapkan selamat, dan bagi yang belum berkompeten agar dapat terus belajar dan terus  mencoba," ujarnya.

Selain melaksanakan UKW di Tanjungpinang-Bintan, PWI Kepri merencanakan menggelar UKW serupa di Kabupaten Lingga pada Desember 2017. Sementara untuk Kota Batam, PWI Kepri bekerjasama dengan PLN Batam akan menggelar UKW usai lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga