Jumat, 23 Juni 2017

Arus Balik Liburan Padati Hang Nadim Batam

id Arus Balik, Liburan Paskah, Padati, Bandara Hang Nadim Batam,
Ini selalu terjadi jika ada libur panjang. Jumlah pengguna transportasi udara melalui Batam selalu meningkat cukup signifikan
Batam (Antara Kepri) - Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau, Minggu dipadati arus balik penumpang pada hari terakhir libur panjang hari raya Paskah.

"Hari ini bandara padat. Yang liburan di Batam atau Singapura kembali ke tempat asal masing-masing. Warga Batam yang habis liburan juga kembali," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Minggu.

Di depan terminal keberangkatan, sejak pagi hingga sore terus dipadati calon penumpang yang hendak meninggalkan Batam. Sebagian mereka datang bersama rombongan dengan menggunakan bus pariwisata.

Lalu lintas depan bandara terus dipadati berbagai kendaraan baik yang mengantar maupun menjemput penumpang.

Di terminal kedatangan, jumlah penumpang yang tiba juga meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Penumpang yang baru tiba  antre di lokasi pengambilan bagasi dan memadati depan terminal keberangkatan.

Bandara merupakan pintu transit bagi masyarakat dari sejumlah kota lain yang akan berlibur ke Singapura dengan menggunakan kapal feri dari Batam.

"Ini selalu terjadi jika ada libur panjang. Jumlah pengguna transportasi udara melalui Batam selalu meningkat cukup signifikan," kata Suwarso.

Meskipun padat, Manajemen Hang Nadim tidak khawatir lagi mengingat sudah mengoperasikan apron baru yang mampu menampung tambahan lima pesawat berbadan lebar.

Sebelumnya saat musim liburan banyak pesawat yang antre saat mendarat untuk masuk ke apron karena fasilitas tersebut masih terbatas.

"Kali ini tidak terjadi lagi antrean. Pesawat langsung bisa masuk apron usai mendarat," kata Suwarso.

Bandara Hang Nadim milik BP Batam saat ini menjadi penghubung (hub) untuk maskapai Lion Air, Citilink, dan Wings Air.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga