Senin, 26 Juni 2017

Dispora akan Selenggarakan Kapal Pemuda Kepri 2017

id Dispora Kepri, Selenggarakan Kapal Pemuda Kepri 2017
Dispora akan Selenggarakan Kapal Pemuda Kepri 2017
Perencanaan Kapal Pemuda Kepri 2017 yang diselenggarakan Dispora Kepri (Istimewah)
Kegiatan ini mewujudkan pemuda Kepri sebagai garda pemuda Indonesia berporos Maritim
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Dispora Kepri) akan menyelenggarakan kegiatan bernama Kapal Pemuda Kepri tahun 2017 yang melibatkan 300 pemuda terpilih untuk mengenal potensi bahari di wilayah tersebut.
    
Kepala Dispora Kepri Maifrizon, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan Kapal Pemuda Kepri 2017 sebagai bentuk pembinaan mental pemuda melalui peningkatan wawasan 4 pilar kebangsaan dan penguatan pengelolaan potensi kemaritiman.
    
"Kegiatan ini mewujudkan pemuda Kepri sebagai garda pemuda Indonesia berporos Maritim," katanya.
    
Maifrizon menjelaskan Kapal Pemuda Kepri mulai berlayar pada 18 Mei 2017, kemudian berlabuh dari Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Seluruh peserta akan mengikuti upacara pelepasan pelayaran.
    
Selanjutnya kapal berlayar menuju Kabupaten Kepulauan Anambas pada 19 Mei 2017, tepatnya tiba di Tarempa.
    
"Di Tarempa akan ada Seminar Pemuda Bahari, kuliah umum oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun, kegiatan gotong royong dan lainnya," ucapnya.
    
Dia menambahkan sejumlah kegiatan juga dilaksanakan selama pelayaran dalam rangka mewujudkan visi Kepri sebagai wilayah maritim, meningkatkan disiplin peserta, menguatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
    
"Pemuda dibentuk karakternya untuk meningkatkan jiwa korsa sesama pemuda Kepri, dan meningkatkan wawasan pengelolaan potensi kemaritiman di Indonesia, terkhusus Kepri" ungkapnya.
    
Maifrizon menjelaskan 300 pemuda yang mengikuti program itu diseleksi secara bertahap di tingkat kabupaten dan kota. Para pemuda yang diseleksi tersebut berasal dari berbagai organisasi kepemudaan.
    
Pendaftaran dibuka di Dinas Pemuda Olah Raga Kepri atau dapat langsung ke Kantor Dispora kabupaten dan kota.
    
Seleksi fisik dilakukan di Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang. Para pemuda yang kuat secara fisik dan mental dipastikan mengikuti kegiatan tersebut.
    
"Mereka direkomendasikan organisasi kepemudaan yang ada," ujarnya.
    
Maifrizon berharap pemuda yang direkomendasi adalah pemuda yang tangguh dan berani dalam mengarungi laut selama 3 hari. Kapal Pemuda Kepri bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.
    
"Program Kapal Pemuda Kepri ini sejalan dengan program Pemerinta Pusat, Kapal Pemuda Nasional," ujarnya.(Antara)

Editor: Niko

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga