Rabu, 23 Agustus 2017

Dispora Kepri Programkan Silat Masuk Sekolah

id Dispora Kepri, Programkan, Silat Masuk Sekolah, ekstrakulikuler, SD, SMP, SMA, Meifrizon
Perlunya penerapan ekstrakulikuler pencak silat di lingkungan sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai upaya penanaman jati diri dalam memperkuat seni dan budaya
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Dispora Kepri) akan menyelenggarakan program silat masuk sekolah, dan mengupayakan agar menjadi kegiatan ekstrakulikuler.
     
"Tahun ini diupayakan program itu dapat dilaksanakan," kata Kepala Dispora Kepri Maefrizon, di Tanjungpinang, Selasa.
    
Ia mengatakan silat sebagai olah raga beladiri yang lahir di Indonesia harus dipertahankan. Para pelajar adalah generasi penerus bangsa yang akan meneruskan silat saat ini dan pada masa mendatang.
    
Selain itu, kata dia program silat masuk sekolah untuk melahirkan pelajar yang sehat, kuat dan cerdas. Para pelajar yang intensif berlatih juga dapat menjadi pesilat berprestasi baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.
    
"Perlunya penerapan ekstrakulikuler pencak silat di lingkungan sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai upaya penanaman jati diri dalam memperkuat seni dan budaya," ujarnya.
    
Maefrizon mengatakan program pencak silat masuk ke sekolah sesuai dengan visi Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. Pemprov Kepri berupaya meningkatkan sumber daya manusia, dan berakhlak mulia.
    
Jika diterjemahkan, peningkatan sumber daya manusia salah satunya dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama para generasi muda. Pelajar dapat mengisi kegiatan positif dengan berlatih silat.
    
"Karena Pak Gubernur sangat optimistis, kemajuan di sektor kepemudaan dan olah raga. Program ini sangat didukung beliau," katanya.
    
Untuk melaksanakan program itu, ia berkoordinasi dengan para pelatih silat yang sudah bersertifikat untuk melatih siswa-siswi di setiap sekolah.
    
"Tenaga ahli nantinya diambil dari perkumpulan dan persatuan pencak silat yang ada di kabupaten dan kota se-Provinsi Kepri. Namun Dispora Provinsi Kepri masih terkendala soal insentif para pelatih yang akan diberikan kepada para pelatih pencak silat nantinya. Ini akan dibahas lebih intensif," ucapnya.(Antara)

Editor: Niko

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga