Selasa, 27 Juni 2017

Bekraf Fasilitasi HKI Ekonomi Kreatif Tanjungpinang

id Bekraf,Fasilitasi,HKI,Ekonomi,Kreatif,Tanjungpinang,hak,kekayaan,intelektual
Bekraf Fasilitasi HKI Ekonomi Kreatif Tanjungpinang
Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Bekraf Ari Juliano Gema (antarakepri.com/Saud)
Kami akan memberikan bantuan teknis dan finansial bagi pelaku ekonomi kreatif yang selama ini merasa kesulitan biaya pendaftaran maupun teknis dalam mengurus HKI
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan memfasilitasi pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi ekonomi kreatif di Tanjungpinang.

"Kami akan memberikan bantuan teknis dan finansial bagi pelaku ekonomi kreatif yang selama ini merasa kesulitan biaya pendaftaran maupun teknis dalam mengurus HKI," kata Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Bekraf, Ari Juliano Gema, usai memberikan materi konsultasi teknis penyusunan spesifikasi permohonan paten di aula Bulang Linggi Tanjungpinang, Rabu.

Menurutnya, fasilitasi yang diberikan Bekraf merupakan bagian dari perhatian pemerintah untuk mempermudah pendaftaran HKI bagi inventor di daerah. Dengan harapan, ekonomi kreatif di daerah dapat berkembang di bidangnya masing-masing.

Pada kesempatan ini, deputi mengaku akan membawa beberapa Teknologi Tepat Guna (TTG) di Tanjungpinang untuk didaftarkan hak paten. Sebagaimana yang didata Ekraf Tanjungpinang, di antaranya, mesin stik, alat mosvitor, oven pengering kayu tiruan, dan alat penguji boraks dari kulit manggis pada makanan.

"Pendaftaran hak patennya akan kami dukung. Mulai dari persiapan dokumen akan kami bantu dan akan kami bawa langsung oleh bekraf, mengenai biaya akan kami tanggung di Bekraf" ujarnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kota Tanjungpinang Riono mengaku HKI  bukan hanya berhubungan dengan hak paten, tetapi juga ada merk, kreasi desain yang harus mendapat dukungan.

"Sehingga, seluruh produk di Tanjungpinang bisa diakui dan dilindungi, demi kebaikan Kota Tanjungpinang dan pelaku usaha tersebut khususnya,"ujar Riono.

Menurut Riono, kedatangan Bekraf ke Tanjungpinang kali merupakan jawaban atas surat yang pernah dilayangkan Pemkot Tanjungpinang tentang pemenang TTG dari Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

"Kami minta TTG Tanjungpinang ini dipatenkan, dan kami harapkan kehadiran Bekraf saat ini dapat memberikan fasilitas pendamping dan tata cara penyusunan HKI Paten," ucap Riono. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga